Sabtu, 28 September 2013

Etika Profesi Akuntansi




Tugas Etika Profesi Akuntansi
24 September 2013
Nama : Rully Andre
Kelas : 4EB18
NPM : 29210077

1.      Apa yang dimaksud dengan etika?
Pengertian Etika ( Secara Etimologi), berasal dari bahasa Yunani adalah “Ethos”,
Yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Etika biasanya berkaitan erat
Dengan perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa Latin, yaitu “Mos” dan dalam
Bentuk jamaknya“Mores”, yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan
melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk
Etika dan moral lebih kurang sama pengertiannya, tetapi dalam kegiatan sehari-hari
terdapat perbedaan, yaitu moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dilakukan,
sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku.

2.      Bagaimana tahap perkembangan moral karakteristik individu dan variable structural mempengaruhi keputusan manajer untuk berperilaku etis dan tidak etis?
            Proses perkembangan moral ada 3 tahap yaitu: tahap pramoral, tahap konvensional dan tahap otonom. Selanjutnya Piaget melukiskan dan menggolongkan seluruh pemikiran moral anak seturut kerangka pemikiran Dewey: (1) tahap “pramoral”, anak belum menyadari ketertikatannya pada aturan; (2) tahap “konvensional”, dicirikan oleh ketaatan pada kekuasaan; (3) tahap “otonom”, bersifat keterikatan pada aturan yang didasarkan pada resiprositas. Berdasarkan pada penelitiannya, Lawrence Kohlberg berhasil memperlihatkan 6 tahap dalam seluruh proses berkembangnya pertimbangan moral anak dan orang muda. Keenam tipe ideal itu diperoleh dengan mengubah tiga tahap Piaget/Dewey dan menjadikannya tiga “tingkat” yang masing-masing dibagi lagi atas 2 “tahap”. ketiga “tingkat” itu adalah tingkat prakonvensional, konvensional dan pasca-konvensional.
Meski anak prakonvensional sering kali berperilaku “baik” dan tanggap terhadap label-label budaya mengenai baik dan buruk, namun ia menafsirkan semua label ini dari segi fisiknya (hukuman, ganjaran kebaikan) atau dari segi kekuatan fisik mereka yang mengadakan peraturan dan menyebut label tentang yang baik dan yang buruk. Tingkat ini biasanya ada pada anak-anak yang berusia empat hingga sepuluh tahun.
Tingkat kedua atau tingkat konvensional juga dapat digambarkan sebagai tingkat konformis, meskipun istilah itu mungkin terlalu sempit. Pada tingkat ini, anak hanya menuruti harapan keluarga, kelompok atau bangsa, dan dipandangnya sebagai hal yang bernilai dalam dirinya, tanpa mengindahkan akibat yang segera dan nyata. Individu tidak hanya berupaya menyesuaikan diri dengan tatanan sosialnya, tetapi juga untuk mempertahankan, mendukung dan membenarkan tatanan sosial itu.
Tingkat pasca-konvensional dicirikan oleh dorongan utama menuju ke prinsip-prinsip moral otonom, mandiri, yang memiliki validitas dan penerapan, terlepas dari otoritas kelompok-kelompok atau pribadi-pribadi yang memegangnya dan terlepas pula dari identifikasi si individu dengan pribadi-pribadi atau kelompok-kelompok tersebut. Pada tingkat ini terdapat usaha yang jelas untuk merumuskan nilai-nilai dan prinsip moral yang memiliki keabsahan dan dapat diterapkan terlepas dari otoritas kelompok atau orang yang berpegang pada prinsip-prinsip itu.
Tahap-tahap Moral
Pada tingkat prakonvensional kita menemukan:
Tahap I – Orientasi hukuman dan kepatuhan: Orientasi pada hukuman dan rasa hormat yang tak dipersoalkan terhadap kekuasan yang lebih tinggi. Akibat fisik tindakan, terlepas arti atau nilai manusiawinya, menentukan sifat baik dan sifat buruk dari tindakan ini.
Tahap 2 – Orientasi relativis-intrumental: Perbuatan yang benar adalah perbuatan yang secara instrumental memuaskan kebutuhan individu sendiri dan kadang-kadang kebutuhan orang lain. Hubungan antarmanusia dipandang seperti hubungan di tempat umum. Terdapat unsur-unsur kewajaran, timbal-balik, dan persamaan pembagian, akan tetapi semuanya itu selalu ditafsirkan secara fisis pragmatis, timbal-balik adalah soal ”Jika anda menggaruk punggungku, nanti aku akan menggaruk punggungmu”, dan ini bukan soal kesetiaan, rasa terima kasih atau keadilan.
Pada tingkat konvensional kita menemukan:
Tahap 3 – Orientasi kesepakatan antara pribadi atau Orientasi ”Anak manis”: Orientasi ”anak manis”. Perilaku yang baik adalah perilaku yang menyenangkan atau membantu orang lain, dan yang disetujui oleh mereka. Terdapat banyak konformitas dengan gambaran-gambaran stereotip mengenai apa yang diangap tingkah laku mayoritas atau tingkah laku yang ’wajar’. Perilaku kerap kali dinilai menurut niat, ungkapan ”ia bermaksud baik” untuk pertama kalinya menjadi penting dan digunakan secara berlebih-lebihan. Orang mencari persetujuan dengan berperilaku ”baik”.
Tahap 4 – Orientasi hukum dan ketertiban: Orientasi kepada otoritas, peraturan yang pasti dan pemeliharaan tata aturan sosial. Perbuatan yang benar adalah menjalankan tugas, memperlihatkan rasa hormat terhadap otoritas, dan pemeliharaan tata aturan sosial tertentu demi tata aturan itu sendiri. Orang mendapatan rasa hormat dengan berperilaku menurut kewajibannya.
Pada tingkat pasca-konvensional kita melihat:
Tahap 5 – Orientasi kontrak sosial legalistis: Suatu orientasi kontrak sosial, umumnya bernada dasar legalistis dan utilitarian. Perbuatan yang benar cenderung didefinisikan dari segi hak-hak bersama dan ukuran-ukuran yang telah diuji secara kritis dan disepakati oleh seluruh masyarakat. Terdapat suatu kesedaran yang jelas mengenai relativisme nilai-nilai dan pendapat-pedapat pribadi serta suatu tekanan pada prosedur yang sesuai untuk mencapai kesepakatan. terlepas dari apa yang disepakati secara konstitusional dan demokratis, yang benar dan yang salah merupakan soal ”nilai” dan ”pendapat” pribadi. hasilnya adalah suatu tekanan atas ”sudut pandangan legal”, tetapi dengan menggarisbawahi kemungkinan perubahan hukum berdasarkan pertimbangan rasional mengenai kegunaan sodial dan bukan membuatnya beku dalam kerangka ”hukum dan ketertiban” seperti pada gaya tahap 4. Di luar bidang legal, persetujuan dan kontrak bebas merupakan unsur-unsur pengikat unsur-unsur kewajiban. Inilah moralitas ”resmi” pemerintahan Amerika Serikat dan mendapatkan dasar alasannya dalam pemikiran para penyusun Undang-Undang.
Tahap 6 – Orientasi Prinsip Etika Universal: Orientasi pada keputusan suara hati dan pada prinsip-prinsip etis yang dipilih sendiri, yang mengacu pada pemaham logis, menyeluruh, universalitas dan konsistensi. Prinsip-prinsip ini bersifat abstrak dan etis (kaidah emas, kategoris imperatif). Prinsip-prinsip itu adalah prinsip-prinsip universal mengenai keadilan, timbal-balik, dan persamaan hak asasi manusia, serta rasa hormat terhadap martabat manusia sebai person individual.
Pengertian karakteristik individu adalah perbedaan individu dengan individu lainnya. Sumber daya yang terpenting dalam organisasi adalah sumber daya manusia, orang-orang yang memberikan tenaga, bakat, kreativitas, dan usaha mereka kepada organisasi agar suatu organisasi dapat tetap eksistensinya. Setiap manusia memiliki karakteristik individu yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.
Berikut ini beberapa pendapat mengenai pengertian karakteristik individu:
  • Mathiue & Zajac, (1990) menyatakan bahwa: Karakteristik personal (individu) mencakup usia, jenis kelamin, masa kerja, tingkat pendidikan, suku bangsa, dan kepribadian. 
  • Robbins (2006) menyatakan bahwa: Faktor-faktor yang mudah didefinisikan dan tersedia, data yang dapat diperoleh sebagian besar dari informasi yang tersedia dalam berkas personalia seorang pegawai mengemukakan karakteristik individu meliputi usia, jenis kelamin, status perkawinan, banyaknya tanggungan dan masa kerja dalam organisasi 
  • Siagian (2008) menyatakan bahwa, Karakteristik biografikal (individu) dapat dilihat dari umur, jenis kelamin, status perkawinan, jumlah tanggungan dan masa kerja. 
  • Menurut Morrow menyatakan bahwa, komitmen organisasi dipengaruhi oleh karakter personal (individu) yang mencakup usia, masa kerja, pendidikan dan jenis kelamin (Prayitno, 2005).
Dari pendapat Robbins dan Siagian di atas yang membentuk karakteristik individu dalam organisasi meliputi: usia, jenis kelamin, status perkawinan, masa kerja, dan jumlah tanggungan.
Variabel struktural adalah suatu struktur yang mengikat sesuatu/seseorang dengan suatu struktur itu sendiri, dimana seseorang/sesuatu tersebut terlibat didalamnya, misalnya seperti seorang manager yang bekerja di suatu perusahaan, dimana seorang manager tersebut sudah pasti terikat dengan orang-orang di struktur organisasi tempat ia bekerja tersebut.
Bagaimana ketiga hal tersebut mempengaruhi seorang manager jelas terlihat dari deskripsi diatas dimana tahap moral bermain penting sebagai basic dari perilaku manager tersebut yang selanjutnya di tambahkan oleh adanya karakteristik individu yang akan menjadi bahan essential dari perilaku manager tersebut, dan kemudian akan semakin terlihat perilaku manager tersebut dimana ia terikat dengan sebuah variable structural, apabila semua hal kearah yang positif tentunya perilaku manager yang bersangkutan akan etis dan senantiasa menjunjung tinggi moralitas
          Pemikiran Pribadi

3.      Apa kode etik itu dan bagaimana cara meningkatkan keefektifannya?
kode etik profesi merupakan suatu tatanan etika yang telah disepakati oleh suatu kelompok masyarakat tertentu. Kode etik umumnya termasuk dalam  norma sosial, namun bila ada kode etik yang memiliki sanksi yang agak berat, maka masuk dalam  kategori norma hukum.
Kode Etik juga dapat diartikan sebagai pola aturan, tata cara, tanda, pedoman etis dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Kode etik merupakan pola aturan atau tata cara sebagai pedoman berperilaku. Tujuan kode etik agar profesional memberikan jasa sebaik-baiknya kepada pemakai atau nasabahnya. Adanya kode etik akan melindungi perbuatan yang tidak professional
Cara meningkatkan keefektifannya adalah dengan menerapkan sanksi yang tegas dan bukan hanya teguran belaka untuk para pelanggarnya, karena jika tidak diberlakukan sanksi yang tegas maka akan banyak pelanggar dari kode etik bahkan  untuk kode etik yang terlihat paling kompatibel untuk lingkungan tempat kode etik tersebut diberlakukan
                Pemikiran Sendiri

4.      Bagaimana Manager mengambil keputusan yang etis?
Dalam mengambil keputusan seorang manager hendaknya memperhitungkan segala sesuatunya dengan matang, karena sudah sangat jelas setiap keputusan yang di ambil oleh seorang manager akan mempengaruhi banyak hal dalam sebuah perusahaan, keputusan yang etis untuk diambil oleh seorang manager adalah keputusan yang tidak memihak pada suatu pihak, memiliki manfaat yang berpengaruh bagi perusahaan, dan yang terpenting sesuaikan keputusan dengan peraturan dan norma yang beredar di masyarakat.
Sumber : Pemikiran Sendiri

5.      Jelaskan faktor-faktor yang menentukan intensitas etika!
·         Kebutuhan Individu
Hal ini dimisalkan dengan orang yang mencari nafkah dengan cara yang tidak halal dengan alasan perekonomian yang tercekik
·         Tidak Ada Pedoman
Dimisalkan seperti seseorang yang berada dalam suatu area yang tidak jelas bagaimana peraturan ber-etikanya.
·         Perilaku dan Kebiasaan Individu
Dimisalkan seperti seorang anak yang sedari kecil terlalu dimanja, bahkan ketika berbuat salahpun tidak dimarahi dan tidak diberikan sanksi, pada akhirnya anak itu menjadi orang yang tidak ber-etika

·         Lingkungan Tidak Etis
Hampir sama dengan bagian “tidak ada pedoman” namun di tempat ini dicontohkan lebih ekstrim dimana justru lingkungan ini sama-sekali tidak memiliki peraturan ber-etika
·         Perilaku Orang yang Ditiru
Dimisalkan ada seseorang yang terlalu meniru seseorang entah itu idola ataupun orang yang berpengaruh, akan tetapi dalam penerapannya hal-hal buruk yang dilakukan orang tersebut juga ditiru
Sumber : http://duniaetikait.wordpress.com/2012/04/28/faktor-yang-mempengaruhi-pelanggaran-etika/